Belajar Pemograman Web HTML

00.00


Selamat Pagi Blogger's FayizCyber's ada yang tau HTML ? ya HTML (Hyper Text Markup Language ) adalah adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.


Struktur Dasar Pemrograman :
HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yang merupakan sebuah script untuk menyusun dokumen-dokumen halaman Web. Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan.
Contoh Struktur dasar pemrograman web HTML:

<!DOCTYPE html>
< html>
< head>
< title>Judul halaman web disini</title>
< /head>
< body>
Informasi halaman website disini
< /body>
< /html>

Pejelasan Struktur dasar diatas :

A. TAG
Merupakan teks khusus (markup) yang terdiri dari dua karakter yaitu karakter "<" dan  karakter ">",  sebagai contoh <body> adalah tag dengan nama body.
Secara Umum tag ditulis secara berpasangan contoh tag <body> biasanya diakhiri dengan tag penutup </body> (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<")  sehingga informasi yang diberikan didalam tag <body> berada sebelum ditutup dengan </body> .
B. ELEMENT
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana:
<title> ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML
Disini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTML
</title> ini adalah tag penutup judul dokumen HTML
Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML,  tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya. 
Contoh penulisan tag-tag yang benar
< p>
<b> Informasi yang di bold </b>
< /p>

Contoh yang salah  :
< p>
<b> Informasi yang di bold </p>
< /b>
Hanya ini yang bisa saya sampaikan , hadir terus yah ke blog FayizCyber Pasti Bakalan Di Update tuntas Tutorial Pemograman Web HTML nya ^^ Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan Beri komentar dan saran anda ^.^ EmoticonEmoticon